Gunadarma

Studentsite

LOGIN


Sabtu, 29 Mei 2010

Gaul dan Bahasanya

Asal katanya dari bergaul kali ya = sering bersosialisasi sehingga tahu apa yang lagi trend, seperti : mode fashion yang lagi in, bahasa yang lagi sering digunakan dalam percakapan antar teman, masalah apa yang lagi sering di bahas dll, yang berarti juga menyambung tali silaturahmi dong.

Tapi kadang-kadang agak berlebihan ngga sih, kalau gaul sering di masukkan ke dalam segala hal, termasuk ke yang negatif. Anak-anak sekarang bahkan dari anak SD dekat dan kenal rokok/ narkoba maka ketika yang ngga rokok atau nge-drug maka ngga gaul, pakaian yang lagi trend sekarang misalkan yang belahan rok sampai sepaha, trus yang ngga pake baju kaya begitu ngga gaul, atau obrolan yang lagi sering dibahas adalah ngegosipppp dan yang ngga tahu siapa/apa yang lagi diomongin (‘jelek-nya’) dan ngga ikutan ngegosip di sebut ngga gaul… ah… itu sih salah, karena seharusnya gaul juga = gaya unggul, bukan hanya sekedar sok gaya tapi maksudnya :
gaya berfikir, bicara, berprilaku, berpakaian unggul ( dan tentunya dalam hal yang positif dong, karena kalau unggul berarti bagus dan baik, tidak merugikan dan tidak menyakiti). Ya ngga mesti sempurna, karena sempurna dalam kebaikkan itu sulitkan! tapi berusaha menuju kebaikkan itu mestikan!
maka ayo jadi orang gaul yang positif!!

Satu lagi pembahasan tentang gaul, yaitu bahasa gaul
Ngomongin bahasa, orang sering sekali berbicara tanpa tahu artinya. Maka saya ingin menuliskan sedikit kamus gaul yang saya pernah tahu.
Just share...
secara : kata ini sudah lama bumming dan sering diartikan karena, secara = sebab, cause, karena, tapi kayanya sih berawal dari kalimat ’ secara siapa? Secara gue gitu loh ’ yang berarti ’ ala( dengan cara) siapa? Ala gue gitu loh’ yang kemudian salah pengertian jadi diartikan menjadi ’karena gue gitu loh’ dan penggunaannya jadi menyalahi eyd yhhh...
megang : kata ini diartikan keren, ok, bagus contoh dalam kalimat: ’si A main basketnya megang banget dech...’
lebay : kepanjangan dari lebih gaya = berlebihan gaya... melebih-lebihkan gaya gerak, gaya bercanda, gaya ngomong...dll..
btw (dibaca: be-te-we)= by the way (ngomong-ngomong)
omg (dibaca o-em-ji)= oh my god.. btw dan omg kayanya berasal dari menyingkat kata saat ber-sms dalam bahasa inggris (dari majalah kanguru september 2008), selain itu tertulis juga di majalah tersebut:
asap = as soon as possible, cu/cya = see you, dunno/dno = don't know, gal = girl, gf = girl friend, tmr/tmz/tomoz = tomorrow, lol = lough out loud, lost of love, wateva/woteva = whatever, mite = might, neva = never, ova = over, soz/sry = sorry, gd = good, w/o = without, w = with, eva =ever.

gokill : disebutkan pada orang/ hal yang lucu, kocak, sampai bikin tertawa ngakak, dalam kamus inggris-indonesia arti kill digunakan dalam kalimat : his joke kill me, atau biasanya disebut untuk hal yang extem, membuat tercengang, ada yang bilang juga go= pergi kill= bunuh, gokill= setelah membunuh terus pergi (maksudna mungkin setelah membuat ngakak atau tercengang terus wajah inonsen- seperti pelawak tanpa dirinya sendiri tertawa).

jayus : candaan yang tidak lucu, mungkin juga kepanjangan dari ’jijay for us’ kali ya. tapi jadi sering disamakan dengan gokill penggunaannya.
ilfeel(dibaca il-fil): ilang feeling, hilang perasaan/pandangan baik (senang, suka, respect) terhadap orang atau hal
Mupeng = muka pengen
Garing = tidak cair = kering, kalau suasana membosankan, kalau candaan hampir mirip dengan jayus yaitu tidak lucu,
Sotoy = sok tahu
Bt = boring time = bosen,suntuk, jenuh tapi jadi sering digunaan dalam menyatakan sebal, kesal.. diartikan benci tebel kali ya, atau basi tulen.
bro : berasal dari kata brother= saudara, panggilan untuk teman atau sobat laki-laki, mungkin klu perempuan sis kli ya
Jadul = jaman dulu
Cupu = culun punya
Telmi = telat mikir
ember = emang benar
wanda = wah nda tahu saya
pw = posisi wenak, biasanya digunakan ketika orang duduknya ga mau beranjak
clbk (dibaca ce-el-be-ka atau celebek) = cinta lama bersemi kembali
boil = mobil
spokat= sepatu
dasrun= dasar
unyu = lucu/imut

Bahasa yang kasar :
P A (dibaca pe-a) = pendek akal
Moron : dari bahasa biologi yang berarti gangguan syaraf otak = idiot
Lemot = lemah otak
oot = orang-orang tolol

bahasa bahasa yang gw tulis cuma sekdar yang gw tau aja kalo misalkan ada yang mau nambahin boleh juga atau mungkin seiring perkembangan waktu terdapat bahasa yang lebih gaul lagi dan belom tercantumi mohon maaf heheh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar